Nokia N78 Saatnya Menggabungkan Fitur

.

Anda pasti pernah mengalami kebingungan mencari sebuah alamat. Cara yang lazim ditempuh adalah bertanya atau dipandu melalui telepon. Ketika Anda tersesat mungkin Anda berandai-andai, andai saja alamat yang dikirim tidak sekadar barisan teks tapi juga berupa foto tempat yang dituju lengkap dengan peta yang terpampang di telepon seluler Anda.

Kini impian itu bukan lagi angan-angan. Nokia terbaru, N78, telah mengadopsi teknologi anti nyasar. Seri terbaru ini megintegrasikan foto, peta dan internet. Nokia menyebut teknologi anyar ini geotagging. “Nokia seri terbaru ini ditujukan bagi mereka yang lebih mementingkan pengalaman daripada fitur. Mereka menyukai sesuatu yang original dan wow experience,” ujar Operative Product Marketing Manager Nokia Indonesia, Dominikus Susanto, saat memperkenalkan N78 kepada media di Jakarta, pekan lalu.

Memang menarik mengekplorasi geotagging. Saat Anda mengambil foto dengan kamera 3,2 megapiksel yang dibenamkan di seri ini, metadata yang terekam bukan hanya bukaan lensa dan kecepatan rana tapi juga koordinat geografis. Berbekal koneksi GPRS, 3G hingga 3,5 alias HSDPA foto yang Anda ambil bisa langsung dikirim ke flickr. Selanjutnya, di situs berbagi foto itu, di bagian bawah foto otomatis terpampang google map yang menunjukkan lokasi foto diambil.

Yang seru, ketika Anda mengirim foto tadi ke rekan Anda melalui MMS, rekan Anda bisa langsung mengetahui lokasi pengambilan foto di map mobile telepon selulernya. Syaratnya, tentu saja telepon seluler penerima harus juga dilengkapi teknologi GPS dan memiliki map mobile.

Di masa lalu, mengindentifikasi koordinat geografis pada sebuah foto merupakan pekejaan rumit. Teknologi ini mungkin hanya dikenal oleh agen-agen rahasia. Itupun harus dilakukan dengan sejumlah perangkat terpisah. Tapi, kini seiring dengan berkembangnya internet dan perilaku manusia yang senang berbagi di dunia maya, geotagging menjadi "permainan" yang menyenangkan.

“Dengan teknologi ini dijamin anti nyasar deh. Tapi harus diinget, setiap kali mengambil foto pastikan telepon seluler Anda berada di bawah langit terbuka supaya GPS yang terhubung dengan satelit aktif. Kalau Anda memotret di dalam ruangan ya tentu saja GPS tidak bisa melacak koordinatnya,” papar Dominikus.

Nokia menyebut seri N78 ini evolusi dari N70 dan N73. Desainnya lebih stylish. Keypadnya minimalis berbentuk garis. Seri anyar ini memang ditujukan buat pasar kelas menengah atas. Selain geotagging, fitur anyar lain yang ditambahkan ke seri ini adalah Wi-Fi dan FM transmiter. Alunan musik dan radio bisa didengarkan bersama melalui perangkat audio lain dengan teknologi nirkabel

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
My photo
Show more information for your nokia mobile
Powered by  MyPagerank.Net
Yahoo bot
Msn bot
   

© Copyright 2008. Nokia Edition . All rightsreserved | Nokiaedition.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Blog by Tips Belajar SEO Blog Tutorial