nokia 6120classic

.

Waktu pertama melihat wujud 6120c tak terbayang dalam benak bahwa mahluk mungil ini, yang sepertinya nggak ada bedanya dengan handset kelas menengah lain, adalah sebuah smartphone dengan operating system symbian. Bentuknya sama sekali nggak mengesankan. Apalagi waktu saya pertama meminjam milik abang saya, yang saya lihat adalah sebuah handset hitam dengan lis krom yang kucil dan tidak mengesankan perwujudan sebuah smartphone. Apa bedanya dengan 3110c yang saya miliki? Besarannya aja mirip-mirip. Tapi begitu melihat dalemannya….wheew. Rasanya seperti bertemu kawan lama. Mirip dengan e50ku tersayang dulu (ya jelas kali ya wong versi symbiannya sama walo mungkin beda tingkat) . Cuman kali ini layarnya lebih tajam dengan 16juta warna, masih dengan resolusi 240×320pixels. Ketika akhirnya gw beli 6120c-ku sendiri aku pilih yang berbodi putih, juga dengan lis warna krom. Kalo menurutku pribadi sih lebih lucu yang putih daripada yang hitam (sori mas Roni, nggak maksud nyindir punyamu lhooo…hehehe) . Cuman sayang bodinya yang putih susu ini agak terlalu licin saat dipegang.

Kembali ke masalah daleman, sepertinya navigasi dalam menu dan aplikasi nggak selemot pada e50 dulu. Yah maklum, kecepatan prosesorna beda…hehehe. Lalu 6120c ini udah support jaringan 3G dan 3.5G. Ada kamera depan untuk video call (bisa juga buat ber-narsis-ria foto2 diri, my fave hehehe). Kamera utamanya 2mp, tapi hasil kualitasnya biasa aja meski ada flashnya. Kalo untuk kondisi indoor dengan jarak cukup dekat sih kadang flash masi bisa membantu. Tapi begitu jauh dikit, bubar deh.
Tapi waktu menjelajah lebih dalam menu-menunya, gw sempet agak kaget juga. Aplikasi bawaan yang ditanamkan di dalamnya minimalis banged. Aplikasi untuk membuka dan mengompres dengan zip nggak ada. Aplikasi search nggak ada. Yang paling parah antivirus juga nggak ada!

F-secure harus di donwload dulu dari aplikasi download bawaan, itupun dapetnya yang versi free evaluation. Untungnya gw masi punya simpenan aplikasi2 symbian 3rd ed-nya e50 dulu. kebanyakan masih bisa dijalankan di 6120c (meski harus dengan bolak balik mengganti settingan tanggal di handset, hihihi). Dan seperti biasa kalo punya hape baru, aku juga langsung mendownload berbagai aplikasi baru untuk hapeku. Kini lebih banyak pilihan karena nggak hanya aplikasi dan games java aja (terus terang aku malah nggak begitu suka aplikasi java pada hape symbian, apalagi aplikasi yang perlu mengakses file internal dalam hape, karena sering terbentur masalah perijinan[kayakna masalah jsr75 nya yah?atao karena nggak ada certificate-nya kali?]. Misal file explorer berbasis java-> tiap kali mau buka folder/file ditanya dulu kasi ijin nggak…haduhhh pokonya ribet deh). Yah gitu deh, gw juga nggak begitu tau kenapa (hehehe), pokonya kalo di hape berbasis symbian kayana tetep enakan pake aplikasinya yg symbian. Kalo game atau aplikasi yang gak perlu akses file si gapapa pake java.

Yah, kesimpulannya sih gw cukup puas pake 6120c. Cukup worthed lah ma harganya. Setelah abis pake hape yang cuman bisa java doang, kembali lagi ke hape berbasis symbian rasanya enak bangets. Hihihih. Seperti kembali duduk di sofa yang empuk. Meski kadang masih suka waswas juga masalah nge-hang apa nggak ya. Tapi kayaknya si 6120c ini jauh lebih stabil daripada e50ku dulu yang langganan lemots tralala. Semoga aja tahan lama.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
My photo
Show more information for your nokia mobile
Powered by  MyPagerank.Net
Yahoo bot
Msn bot
   

© Copyright 2008. Nokia Edition . All rightsreserved | Nokiaedition.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Blog by Tips Belajar SEO Blog Tutorial