[ Tips & Trik Browsing Internet Lewat Infrared ]

.

Untuk diketahui, Nokia 6585 merupakan ponsel CDMA dual band yang bisa digunakan untuk kartu RUIM baik Fren Mobile 8 maupun untuk Ruim Flexi. Ponsel Nokia 6585 juga sudah memiliki infrared yang dapat digunakan sebagai konektivitas dengan komputer (Laptop ataupun PC yang memiliki infrared).

Banyak yang belum mengetahui cara mensetting komputer yang memiliki Infrared untuk dikoneksikan melalui ponsel Nokia 6585 agar dapat online Internet dengan kartu Flexi ataupun Fren.

Berikut ini beberapa langkah untuk mensettingnya.

Langkah 1 : Install Modem
Aktifkan Infrared Nokia 6585 dan arahkan ke Infrared yang ada di komputer. Ingat selama penggunaan Infrared ponsel dan komputer harus selalu berhadapan dan jangan pernah memindahkan ponsel Anda kalau tidak ingin koneksi internet terputus.
Untuk pertama kali Nokia 6585 Anda harus diinstal terlebih dahulu, gunakan wizard yang disediakan oleh Windows XP, pilih Install the software automatically yang direkomendasikan. Langka ini hanya akan perlu dilakukan sekali ini saja (untuk komputer yang memakai USB Infrared, langkah ini akan diminta lagi jika port USB yang digunakan berpindah-pindah). Ikuti wizard dengan memilih Next sampai klik Finish.

Langkah 2 : Setting Modem
1. Dari Control Panel, pilih Phone and Modem Options.
2. Pilih tab Modems
3. Pilih Standard Modem over IR yang attached to port COM tertentu, jangan pilih modem yang Not present. Nomor di belakang nama standard modem ini disebabkan ada lebih dari satu kali langkah instalasi modem dilakukan. Untuk contoh pada gambar Standard Modem yang tersedia adalah yang ada pada COM 16.
4. Pilih menu Properties (jika Anda memilih modem yang Not Present maka menu properties ini tidak aktif dan tidak akan bisa dipilih).
5. Berikutnya dari properties modem pilih tab Advanced, isikan string pada Extra initialization commands seperti pada gambar+crm=1;+cso=33
6. Klik Ok, Maka berikutnya Nokia 6585 sudah siap digunakan sebagai modem.

Langkah 3 : Setting Dial Up Networking (Flexi)
1. Dari Control Panel pilih Network Connections.
2. Pilih Wizard New Connection Wizard, pilih Next.
3. Pilih Jenis Koneksi : Connect to the Internet, lalu pilih Next.
4. Pilih Cara Koneksi : Set up my connection manually, lalu pilih Next.
5. Pilih Koneksi Internet : Connect Using a dial-up modem, lalu pilih Next.
6. Isi ISP Name sesuai dengan yang Anda inginkan, sebagai contoh isikan telkomflexi, lalu pilih Next.
7. Masukkan nomor dial tekom flexi yaitu : #777, lalu pilih Next.
8. Masukkan username : telkomnet@flexi, password dan confirm password : telkom, lalu pilih Next.
9. Selanjutnya untuk setiap akan melakukan koneksi ke Internet.
10. Ada satu langkah untuk memastikan Anda menggunakan modem yang tepat, pilih Propeties. Dari telkomnet properties pada tab General pilihlah connect using Modem-Standrd Modem over IR link sesuai dengan yang tadi Anda install. Pastikan infrared Anda masih aktif ke komputer, jika infrared handphone sudah tidak aktif lagi maka pilihan modem tersebut tidak akan tampil.
11. Setelah memilih modem yang tepat sesuai dengan modem yang telah Anda set extra initialization commands pada langkah sebelumnya, klik Ok.

Langkah 4 : Setting Dial Up Networking (Fren)
Langkah untuk setting Fren hampir sama dengan langkah 3a, bedanya adalah pada langkah 8, pengisian username : m8 dan password : m8 Sedangkan untuk nomor dialnya sama dengan telkom flexi yaitu #777.

Langkah 5 : Menstabilkan Infrared
Beberapa koneksi Infared (Irda) di Windows XP tidak stabil, seperti kasus yang saya alami dengan USB irda Okion yang menggunakan chip Sigmatel, berikut ini cara untuk menstabilkan koneksi Irda :
1. Aktifkan USB Irda Anda
2. Masuk ke System Properties (Tekan tombol Windows + Pause)
3. Pilih tab Hardware lalu pilih Device Manager
4. Pilih Infrared devices, dari devices klik kanan untuk memunculkan properti dari Irda tersebut.
5. Pilih tab Advanced, kemudian gantilah property Infrared Transceiver Type menjadi Vishay TFD dan property Min Turn-Around Time menjadi 0.5mS, setelah itu klik OK.

Jika Infrared Anda bukan chip Sigmatel langkah diatas belum tentu diperlukan dan mungkin saja tidak berhasil menstabilkan irda di Windowx XP Anda.

Selamat Mencoba.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
My photo
Show more information for your nokia mobile
Powered by  MyPagerank.Net
Yahoo bot
Msn bot
   

© Copyright 2008. Nokia Edition . All rightsreserved | Nokiaedition.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Blog by Tips Belajar SEO Blog Tutorial