Apa itu TRAU di GSM Network ?

.

Beberapa hari yang lalu pas udah sore dan masih di kantor, sambil nunggu mobil jemputan, sama temen2 iseng ngerapiin DDF dan kasih labeling pada E1 yang ada di situ, lhaaa kok ada label yang tulisannya 'IDLE' ternyata ada isinya (TRAU 11 dan 12) untuk BSC xxxxx, wekekeekeke, salah cabut euy ... :D

Setelah tahu end-connection ada di DDF lemari sebelah kiri, langsung coba tarik E1 baru untuk gantiin E1 lama yang panjangnya tidak mencukupi, dezzz !!! ... setelah menunggu beberapa saat (sambil menikmati kopi [baca: jamu, karena saking paitnya :D]), akhirnya Up juga TRAU tsb.

Nah setelah itu, kami berdiskusi sebentar untuk ngebahas sisi transmisi yang ada di kantor, hehehe, seru juga ternyata, bisa belajar lebih banyak lagi sama temen2 di BSS. Berikut beberapa kesimpulan dari obrolan (plus ditambah pengertian dari beberapa literatur training Siemens).

1. TRAU adalah Transcoder and Rate Adapter Unit, dimana fungsinya ada 2 yaitu : a. melakukan coding dan decoding dari BTS sampai TRAU untuk panggilan suara (speech calls), b. Rate adapter dimana terjadi adaptasi terhadap rate data (untuk data calls) sebesar 16 kbit/s (adalah rate untuk PLMN, sedangkan untuk PSTN menggunakan rate 64kbit/s)

2. Manfaat lain dari adanya TRAU ini adalah untuk menghemat PCMS (jalur transmisi antara TRAU dengan BSC), karena meskipun secara logical TRAU adalah bagian dari BSS (Base Station SubSystem), namun pada bentuk fisiknya bisa jadi berjauhan, untuk itu, penghematan transmisi sangat diperlukan untuk ini.

Thats all, **cmiiw (pls koreksinya kalo ada yang kurang bener ;) ...)

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
My photo
Show more information for your nokia mobile
Powered by  MyPagerank.Net
Yahoo bot
Msn bot
   

© Copyright 2008. Nokia Edition . All rightsreserved | Nokiaedition.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Blog by Tips Belajar SEO Blog Tutorial